Tuesday 30 August 2011

1 Syawal jatuh pada tanggal berapa Masehi???

yup.. beginilah keadaan Indonesia sekarang... 1 Syawal kagak jelas kapannya.. But, its okey...
Jangan semua ini membuat kita berdebat tidak jelas dengan sesama muslim... http://www.emocutez.com

Menurut keyakinan masing-masing saja...

Nah, gimana aku nanggapin hal ini?? awalnya sih bete abis... http://www.emocutez.com

Gimana enggak, tiap kali lebaran yang dihebohkan ituuu mulu... Jadi aku sempat mikirnya gini, "Ya udah, di imsakiyah, kapan lebarannya??? udah pake itu aja".... xixixi, pemikiran yang pendek sekali... http://www.emocutez.com

Kemudian, ada tamu datang ke rumah ku.. rekan kerja... umurnya jauh di bawah ku.. kata-katanya bikin aku mikir lebih panjang... "Ami ikuik ulil amri lah kaak... Kan wajib hukumnya mematuhi Ulil Amri.. lagian, pemimpin kan kita yang pilih, kita yang menyepakati, jadi kalo udah ditetapkan itu ulil amri kita, trus ga kita ikuti, itu begimane ceritanye??? hehehe :p "

Yup.. aku baru tersadar.. dan mulailah aku mengikuti berita di televisi.. Sidang itsbat..
hhh.. lama kali pun keputusannya.. ada setengah atau sejam-an ya??? rapatnya lamaaaa... jadi aku ga ngikutin utuh rapat tersebut...


Alhasil, dengar-dengar kabar dari mama, "ga jadi lebaran besok, jadinya lebaran hari Rabu"...
aku sih perasaannya ga begitu ragu, soalnya, pas mo ngisiin kue lebaran untuk 30 Agustus, hati aku masih ragu, tapi pas denger kabar besok puasa lagi, hatiku agak tenang... ga tau sih kenapa...

Dan aku pun sempat baca haditsnya... bentar, aku searching dulu ya haditsnya....
http://www.emocutez.com


Nah ini dia hadits-nya...
Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasalah kamu karena melihat hilal (bulan) dan berbukalah kamu karena melihat hilal. Jika terhalang maka genapkanlah (istikmal) 30 hari.” (Bukhori : 1776)


Dan hadits ini lah yang bikin aku sangat yakin... kalau seandainya kita tidak bisa melihat hilal, maka puasa kita, kita genapkan saja menjadi 30 hari... Dan merujuk ke hadits tersebut, aku mikirnya gini, ga ada dosa bagi orang yang ga lihat hilal dan masih berpuasa satu hari lagi.. Toh, kalo emang hilal-nya ga kelihatan, begimane lagi.. ya kan?? ya dooong... http://www.emocutez.com


Tapi bagi yang udah lebaran hari Selasa. its okay.. itu tergantung kepercayaan masing-masing.. Allah Maha Tahu.. Allah tahu apa yang sedang kita yakini, apa yang ada dalam hati tiap-tiap hambaNya...


ALLAHU AKBAR... ^_^ ^_^



Bagi yang lebaran hari ini Selasa, 30 Agustus 2011 dan yang lebaran besok, Rabu 31 Agustus 2011, Met lebaran yeee.. Minal aidin wal faidzin.. Mohon maaf lahir dan batin...



No comments:

Post a Comment