Monday 3 February 2014

Proses Belajar

Tak sekali dua kali benakku sempat berfikir, sebenarnya bagaimana sistem belajar itu sendiri? Bagaimana proses seseorang belajar? Dan hal ini kembali terpikirkan ketika Jakarta dilanda banjir dan masyarakat yang sedang diungsikan di sebuah perkumpulan pun memilih-milih makanan bantuan, dan bahkan ada yang menumpuk makanan. PRIHATIN!!! Menumpuk makanan di sembarang tempat. Aku menjadi tahu, kenapa kota ini menjadi banjir. Kesadaran masyarakat akan lingkungan itu sendiri memang tak ada. Tergambar bagaimana mereka menolak makanan bantuan tersebut dan menumpuknya di sembarang tempat. 

Teringat juga, ketika sedang duduk-duduk di salah satu stasiun kereta api, aku menemukan seorang remaja yang membuang sampah sembarangan, padahal tong sampah tepat di belakangnya. Pengen jambak tuh rambut si remaja!!!

Aku berfikir, bagaimana mengajarkan orang-orang yang seperti itu? Dan aku kembali bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana proses kita belajar itu?

Aku membayangkan, bagaimana aku belajar, bagaimana aku berusaha mengerti sesuatu. Dan jawabannya adalah...

Sang guru/pengajar akan memberikan contoh yang benar kepada muridnya, memberi tahu hal-hal yang baik dan yang buruk. Yup GREAT!!! Itulah sebuah pembelajaran. Kita mendapat ilmu, dan meniru apa yang dikatakan guru. Baik guru itu berupa manusia atau berupa buku. 

Lalu bagaimana solusinya bagi masyarakat yang memang tidak sekolah??? Ah, lagi-lagi ini sebenarnya bisa diatasi jika setiap orang punya semangat belajar, punya rasa ingin tahu, punya keinginan untuk memiliki pemikiran yang lebih baik.

MINDSET!!! Beralihlah kepada pemikiran yang baik...

HIDUP ITU UNTUK BERIBADAH KEPADA SANG KHALIK!!! 

No comments:

Post a Comment