Saturday 9 February 2013

My Little Friend

Alhamdulillah, senang sekali bisa mengajar kembali hari ini. Hari ini mengajar di SMP Suluh Pasar Minggu. Dari Salemba naik 01 ke kampung melayu. Dari kampung melayu naik 16 ke pasar minggu dan berhenti di balai rakyat. Jalan sedikit, nyampai deh di SMP Suluh. 

Awalnya dag dig dug juga, beberapa hari sebelum ngajar, agak resah karena SMP itu adalah masa-masa yang sangat sangat jahil. Takut dikerjai sama anak-anak yang baru mulai tumbuh dan masih labil. Tapi setelah  mengajar, alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. 

Sebelumnya juga sudah persiapan dengan materi dan juga sempat searching bagaimana menghadapi dan mengajar anak-anak yang duduk di Sekolah Menengah Pertama ini. Dan aku putuskan untuk membuat kelompok, sistem belajar berdiskusi dengan teman-teman sekelompok dan berusaha pendekatan secara pribadi. 

Kelas pertama menyenangkan. Hanya ada beberapa yang ogah-ogahan untuk belajar Tapi, over all kelas ini antusias belajar. Yudha, Yoshua, Theresia, Fathur, hm.. beberapa yang belum hafal namanya. Santun. Mereka murid-murid yang santun. Suka banget. 

Kelas kedua, berbagai macam karakter. Jessica yang berpenampilan tomboy dan cuek, tapi ketika di dekati, dia mau untuk belajar (tipe anak yang ingin diperhatikan). Kelompok Jessica yang sangat memprihatinkan menurutku. empat orang anak SMP berdandan sudah seperti orang dewasa. Prihatin, benar-benar prihatin. Dewasa sebelum waktunya. Kelompok selanjutnya, kelompok student, Rizka, Rani, Fitri dan Fahmi. Mereka diskusi dengan baik, aktif, kalau bingung tidak malu bertanya. Ternyata beginilah perasaan seorang guru melihat murid-muridnya kelewat bersemangat. Selalu tersenyum senang melihat mereka. Kelompok cowok, kelompok yang juga menarik. Mereka walau cuek, tapi ketika ditanya mereka tau jawabannya, mereka ahli. Dan aku berkesimpulan, mereka anak-anak yang baru tumbuh tersebut memang haus akan perhatian, dan cara mereka untuk menarik perhatian berbeda-beda. Ada juga yang menarik perhatian dengan malas-malasan belajar, Firman contohnya. Tapi ketika dibilangin, dia juga nurut. hm... nice kids...


Senang sekali mengajar hari ini... Ketika di jalan mau pulang, berpapasan dengan murid-muridku yang juga akan pulang, mereka menyalamiku satu persatu, Fathur, Yudha, Rani, indahnya menjadi seorang pengajar... Sahabat-sahabat kecilku... Semoga kalian mendapat nilai yang bagus di ujian kelak.. Aamiin..

*pengen ngajar lagi... 

No comments:

Post a Comment